Dream and Action

Setiap orang seharusnya memang mempunyai mimpi, namun sekedar mimpi dan angan-angan tanpa adanya tindakan dan langkah-langkah nyata untuk mencapainya justru akan menimbulkan frustasi dalam kehidupan.

Persiapan Pribadi Pengusaha Muda

"Yang Muda Yang Kreatif dan Inovatif" merupakan istilah bagi mereka yang siap untuk sukses.

Mengelola Keuangan Usaha

Kegiatan mengelola keuangan usaha sering membuat para pengusaha kebingungan. Mereka merasa omset yang diperoleh sudah cukup besar tapi labanya selalu habis tanpa sisa di kas. Hal itu dikarenakan pengelolaan usahanya tidak baik.

Kreativitas dan Inovasi dalam Berusaha

Tatkala dengan seiring perkembangan zaman dan persaingan yang semakin ketat dalam hal pekerjaan, kehadiran entrepreneurship semakin dibutuhkan.

Mengenali Peluang

Wirausahawan harus dapat menciptakan sebuah nilai dari sebuah tantangan-tantangan yang menerpa dengan mengubahnya menjadi peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali usaha.

Thursday 21 March 2013

BAB 2 - Mempersiapkan Keterampilan Pengusaha Muda


     Salah satu kelemahan para pengusaha dan sarjana di Indonesia adalah keterampilan dalam bidang softskill. Pendidikan pada saat ini masih didominasi oleh penguasaan teori atau keterampilan teknis (technical/hard skill). Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan beberapa keterampilan softskill yang harus dikuasai, yaitu :

  1. Menjaga Reputasi
    Reputasi yang baik merupakan modal utama bagi seseorang pengusaha muda. Reputasi yang baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru. Reputasi seseorang  dikenal orang lain melalui daftar riwayat hidupnya. Dan oleh sebab itu daftar riwayat hidup yang dibuat dengan kejujuran dan tanggung jawab serta kompetensi dan komitmen menjadi reputasi bagi pengusaha muda.
  2. Kemampuan membangun jaringan
    Seseorang pengusaha harus mampu bergaul dengan sebanyak mungkin teman. Keberhasilan sering kali karena mempertemukan banyak kepentingan satu orang dengan orang lain. Kemampuan seorang pengusaha dalam bergaul dengan orang lain harus diatas rata-rata. Oleh sebab itu, keterampilan membangun jaringan sangat diperlukan.
  3. Naluri mengenali peluang usaha
    Pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan baik. Oleh sebab itu, mengenali peluang merupakan hal yang sangat penting. Peluang menjadi hal yang pertama, karena yang kedua bisa menjadi lebih baik, atau yang ketiga justru tampil beda.
  4. Kemampuan Persuasi dan Negosiasi
    Dalam dunia bisnis selalu ada permintaan dan penawaran, dan keduanya membutuhkan adanya keseimbangan sehingga terjadi transaksi. Oleh sebab itu, dalam dunia usaha pasti memerlukan negosiasi dan persuasi dalam mencapai keseimbangan berbagai kepentingan sehingga dunia bisnis menjadi berhasil.

Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Sumber gambar : Google

0 comments:

Post a Comment